Kamis, 20 Desember 2012

pamor dan harapan

 Ke indahan keris bukan saja terdapat pada dapur keris.Namun juga terdapat pada gambar yang berbentuk guratan-guratan pada bilah keris.Guratan tersebut  biasa di sebut PAMOR.
      Pamor bisa saja terbentuk dari babaran dijih besi, baja, meteorit dan lain-lain yang termasuk dalam proses pembuatan keris.Pamor pada bilah keris sangat lah banyak ragamnya seperti bisa kita lihat : 1.Udan mas (drip panas dan drip dingin)2. satrio kinayungan 3. pulo tirto 4. kukus tunggal 5 banyu mili 6 tirto tinetes 6. geni tinulat 7 gangeng kanyut 8. segoro muntab dll.
     Namun sebenaryalah pamor bukan hanya sebuah seni dalam proses pembuatan keris, namun pamor adalah bagian dari proses laku spiritual dalam pembuatan keris. kita bisa melihat SATRIO KINAYUNGAN adalah harapan dari sang empu bahwa pemegang keris adalah seorang satria yang nantinya selalu mendapatkan perlindungan dari Yang Maha Kuasa,UDAN MAS harapan dan doa  empu pembuat keris agar pemilik pemegang menjadi kaya kecukupan dalam hal duniawi(di ibaratkan mendapatkan udan mas)..
maka pamor hakekatnya adalah gambaran doa yang di panjatkan sang empu dan diwujudkan /divisualisasi dalam bentuk guratan /pamor pada bilah keris.

1 komentar:

  1. mainkan game kesayangan kamu di donacopoker dan dapatkan bonus 2x setiap harinya dan ada yang menarik dari donacopoker di hari natal dan kemeriahan tahun baru nanti donacopoker akan memberikan bonus deposit sebesar 50.000 tunggu apalagi jangan samapai kehabisan
    Agen poker online
    Agen poker online
    Judi Kartu Online
    bandar qq donacopoker
    jadi tunggu apalagi hubungi kontak di bawah ini agar kamu tidak penasaran lagi
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus