Kamis, 20 Desember 2012

Kanjeng Ky sangkelat

Sebuah kisah yang sangat fenomenal dalam sejarah negeri ini baik yang bersifat kekuasaan maupun peralihan segala pusat pemerintahan jawa pada jaman Majapahit.

Ky sangkelat dibuat oleh empu SUPO yang merupakan adik ipar dari Kanjeng sunan Kali Jogo( Anggota da'i wali songo), pada waktu Kanjeng Sunan Kalijogo memberikan bijih besi untuk di babar jadi pusaka maka dibabarlah pusaka menjadi 3 buah yaitu : 1.Ky condong campur 2. ky nogososro 3. Ky sabuk inten namun dari ketiganya Kanjeng Kalijogo tak satupun  menyukai karena bersifat dapur hindu budha.

Kanjeng Sunan berpendapat bahwa pusaka yang dibuat Empu Supo terlalu mewah untuk ukuran santri seperti beliau. Maka dari sisa biji besi yang ada  maka di babar menjadi 2 pusaka lagi yaitu 1. Kanjeng Ky Sangkelat 3. Ky Carubuk.

Maka Sunan Kalijogo tersebut mengambil ky Carubuk, sedang Ky Sangkelat dititipkan pada adik iparnya dengan berpesan"kelak anak keturunanmu jadi Raja Besar ditanah Jawa ini dengan pusaka ini".

Selanjutnya dikisahkan di kerajaan Majapahit terjadi pagebluk (bencana penyakit) besar bahkan rakyat banyak yang mengalami kematian. Pagi sakit, sore meninggal. Malam sakit, paginya meninggal.

Dari  penglihatan batin ternyata pagebluk disebabkan Ky Condong Campur, setelah itu 2 buah keris Ky nogososro dan Ky sabuk inten bertarung sampai ujungnya melengkung dan keluarlah Naga Bumi yang sangat besar sederhana namun sangat berwibawa datang mengalahkan anak lintang (ky Condong Campur) sampai keris tersebut masuk kesarungnya dan kembali pada almari pusaka kerajaan Majapahit.

Maka di ketahuilah bahwa naga bumi tersebut adalah Kanjeng Ky Sangkelat. Selanjut Ky Sangkelat menjadi pusaka JOKO TINGKIR, yang masa itu bagai anak ajaib yang tak pernah terukur kemampuannya,  anak yang selalu berbantal lengan dan berselimut angin. Kelak menjadi sultan Pajang  bergelar SULTAN HADI WIJOYO dengan pusaka Ky Sangkelat  sebagai pusaka keraton. (Sumber: kisah nogo sosro sabuk inten, SH Mintarja).

Disini kami memuat foto koleksi kami, Kanjeng ky Sangkelat yang asli dengan ketangguhan dan kewibawaannya, keindahan lekuk pamornya, dengan tangkai gading berukir Raksasa Tiwikrama (raksasa bertapa) sungguh karya fenomenal dari Empu Supo yang sempurna. Apabila ada yang berkenan untuk membuktikan atau sekedar mirsani, silakan berkunjung ke alamat offline kami. Semoga memuaskan para pecinta tosan aji

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar