Kamis, 20 Desember 2012

Keris Pusaka

Keris adalah hasil karya manusia  yang sangat indah dan bermanfaat, keris perpaduan karya & upaya lahir manusia dari menyiapkan bahan baku( besi, kayu, tenaga dll) sampai sebuah upaya batiniah & lelaku, doa dan permohonan sang mpu dan pemegang pada YANG MAHA KUASA. pada akhirnya menurut para sutrisno Keris daya magis keris sangat berpengaruh bagi pemegangnya.

Doa yang khusuk tersalurkan pada benda tersebut menjadikan benda sangat memberikan pengaruh pada kejiwaan seseorang, ada kalanya  orang jadi welas asih, tegas dan "kereng".Namun di balik itu semua keindahan keris tiada terukur baik daya ukir halus(pamor) maupun ketelitian dalam membuatnya.

Hasil budaya bangsa yang demikian tinggi kadang harus terhancurkan cara pemahaman yang sepihak, maka ada baiknya keris kita pandang sebagai warisan budaya yang wajib kita uri-uri keberadaanya jangan sampai budaya adi luhung di akui negara lain padahal keris adalah warisan dunia subkhanalloh.

ALLOH benar benar maha pemberi nikmat maka nikmat yang berupa indah termasuk indahnya kebudayaan yang tergabung dalam puji kepadaNYA.........
bahkan ada keris yang manifestasinya untuk para pembimbing umat .Keris berkesan jauh lebih "familiar" di banding pedang dll sesama senjata tajam dan keris sangat berkesan  menukik ke jiwa atau rokhani.

Bertahan jiwa akan kekentalan nuasa rukhani dalam keris kita bisa lihat dalam hal ini wali songo kemana-mana membawa (nyengkelit) keris dan ini bukan saja sebagai senjata keamana dirinya namun juga pengaruh keris bagi sesama manusia itulah keris, tercipta sesuai dengan kondisi keadaan pembuat (mpu) juga sebuah harapan akan masa depan bagi pemilik / pemegangnya,melihat status sosialnya, ke indahan bentuk wadag keris.

Semoga keris akan tetap di hargai oleh bangsa sendiri dan generasi penerus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar