Sabtu, 03 November 2012

wisata pantai popoh




Selain dikenal sebagai daerah penghasil marmer, Tulungagung ternyata menyimpan wisata  yang memesona dan mengasyikkan  bagi setiap orang yang datang ke daerah ini, yaitu Pantai Popoh.  Pantai alam yang berbentuk teluk  di pesisir laut selatan (Samudra Indonesia) ini, terletak di Kecamatan Besuki,  sekitar 25 km dari pusat Kota Tulungagung. Kecamatan Besuki sendiri terletak di sebelah barat daya Kabupaten Tulungagung dengan luas wilayah 92,69 km².
Pantai Popoh merupakan salah satu produk unggulan di bidang wisata, alam yang menjadi salah satu sumber pendapatan kas daerah/pemda setempat. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Popoh terdapat pula kerajinan batu onix sebagai suvenir khas Tulungagung. Bahkan, kita juga melewati alam perbukitan panorama tebing Gunung Kapur yang selalu bersinar. Sejauh mata memandang yang terlihat adalah panorama laut selatan atau Samudra Indonesia. Apalagi goa alam di Pantai Popoh yang mampu memberi kepuasan bagi para wisatawan, sebab tidak semua pantai laut selatan mempunyai goa alam.
Kalau wisatawan sedang beruntung, bisa menikmati secara dekat atraksi-atraksi ikan paus yang ‘bercengkerama’ di tengah laut selatan. Secara geografis, pantai yang masuk ke dalam ini mempunyai pengaruh gelombang laut selatan yang terkenal ganas namun bisa ‘dijinakkan’ menjadi lembut dan tenang. Kondisi ini menguntungkan bagi para wisatawan untuk bersenangria dengan aman tanpa terusik ganas dan bahayanya ombak laut selatan. Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan para wisatawan, pengelola wisata ini membuat gardu pandang yang dimaksudkan agar para wisatawan dapat menikmati ganas, dan indahnya ombak laut selatan.
Fasilitas yang ditawarkan bagi pengunjung selain areal parkir yang luas, juga ada penginapan, wisata bahari dan tempat-tempat yang cocok untuk memancing di laut bebas. Atau, bila ingin cepat membawa pulang ikan, di sini juga tersedia pasar ikan. Bila ada di antara pengunjung yang kebetulan ingin mengadakan acara resepsi, seminar atau rapat-rapat tersedia juga pendapa agung. Nah, mereka yang membawa anak-anak di sini juga tersedia sarana panggung kesenian dengan luas kurang lebih 100 meter persegi. Bila merasa lapar atau haus, jangan khawatir. Sebab, di kawasan ini juga tersedia berbagai rumah makan atau restoran, tinggal memilih makanan yang disuka.
Begitu juga dengan buah tangan atau atau kenang-kenangan (souvenir) untuk rekan-rekan atau keluarga yang di rumah, juga ada berbagai kios yang menjual suvenir berbagai ragam aksesoris khas daerah pantai. Setiap bulan Suro (Muharam) di lokasi ini diselenggarakan Upacara Labuh Semboyo. Bagi kebanyakan orang ada yang mempercayai bahwa air laut selatan yang konon sebagai tempat peristirahatan Nyi Roro Kidul mempunyai khasiat.  Pengelola wisata inipun membangun Palereman Nyai Roro Kidul di area Padhepokan Retjo Sewu.
Legenda dan spiritual yang tercipta mengakibatkan banyak para wisatawan yang datang untuk segera berbasuh muka dengan air laut yang konon punya khasiat panjang umur, awet muda, mudah mendapatkan keuntungan, sehat, rukun dalam keluarga. Sekali datang ke Pantai Popoh, pengunjung pasti merasa kangen. Sebab, pantai ini mampu memberi rasa nyaman, aman, dan rasa rindu untuk datang kembali berwisata bagi mereka yang pernah datang berwisata.
Kekhasan pesona ada embusan angin yang khas. Angin laut yang datang tidak secara langsung masuk, tetapi dihadang perbukitan kemudian mengirimkan angin gunung. Situasi ini disebabkan karena kondisi Pantai Popoh yang terletak antara perbukitan pantai teluk (menjorok masuk ke daratan)•

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar