Kamis, 08 November 2012

Info Tulungagung: Pasar Wage Tulungagung Tempo Dulu

Mengenal Pasar Wage Tulungagung.

Pasar Wage Tulungagung merupakan salah satu saksi bisu dari banjir Tulungagung. Banjir yang sering menjadi langganan bagi warga Tulungagung dan sekitarnya diakibatkan oleh kurang efektifnya saluran pembuangan air pada saat itu. Hingga saat dibuka bendungan Niyama sebagai respon dari banjir tulungagung, sehingga tulungagung dapat sembuh dari sakitnya.
Pasar Wage Baru Tulungagung
Di dalam Penampilan Pasar Wage pada tahun 2012 yang merupakan dokumentasi dari ibnuhaya, terdapat tulisan Pasar Wage Baru Tulungagung. Hal ini sebagai respon terhadap pasar wage lama yang pernah kebakaran pada tahun 2001 atau kurang lebih pada tahun-tahun tersebut. Ini dikarenakan oleh aksi kurang waspada pada salah satu penjual di pasar wage. Konsleting menjadi sebab utama kebakaran. Setelah Renovasi berjalan, maka nama Baru di sematkan pada pasar wage di Tulungagung ini.

Ini merupakan lokasi Pasar Wage Tulungagung, baik saat Pasar Wage Lama maupun Pasar Wage Baru.

 
Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli, itulah sekilas tentang pengertian pasar yang kita dipakai oleh masyarakat secara umum. Tapi seiring dengan berjalanya waktu, pertemuan antara penjual beli bisa berlangsung selama 24 jam, bahkan setiap saat bisa bertemu, dan Pasar pun bisa buka selama 24 jam, 7 hari seminggu, dan 365 hari setahun. Apa yang mengakibatkan hal itu...?? karena teknologi yang mengiringi zaman ke zaman hingga tahun-tahun yang seseorang kian akrab dengan laptop, jaringan internet, serta e-commmerce. Hal yang membuat kita semakin mudah menjangkau mana saja dan kapan saja.
Nah di Tulungagung terdapat pasar yang secara tradisional didefinisikan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli phisicly (secara fisik). Salah satu pasar yang besar di Tulungagung adalah Pasar Wage.
Pasar Wage Tulungagung punya potret tempo dulu saat-saat tulungagung masih akrab dengan banjir.
Foto Banjir Tulungagung: Pasar Wage Tahun 1954
Ternyata pada tahun 1954 Pasar Wage Tulungagung sudah berdiri, dan merupakan salah satu bangunan yang menjadi kunjungan sehari-hari warga tulungagung untuk saling berjual beli. Kali ini dalam foto dibawah ini akan saya tampilkan foto Pasar Wage setelah 58 tahun berikutnya yang telah melalui masa-masa perubahab sosok pasar Wage Tulungagung.
Dokumentasi Pribadi: Pasar Wage Juli 2012
Perbandingan antara Pasar Wage Tahun 1954 dan Tahun 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar